Pengobatan Penyakit Sinusitis

Pengobatan Penyakit Sinusitis  –  Sinus adalah rongga berisi udara terletak di bagian dahi, tulangpipi, dan di belakang batang hidung anda. sinus mengalir melalui saluran dihidung, dan ketika sinus menjadi meradang biasanya sebagai hasil dari reaksi alergi, tumor, atau infeksi, peradangan dapat menyebabkan pembengkakan dan peningkatan produksi lendir dan saluran menjadi diblokir. Peningkatan tekanan dalam sinus dapat menyebabkan rasa sakit hampir sama dengan sakit kepala.

Pengobatan Penyakit Sinusitis

Rongga sinus adalah lubang yang memiliki celah-celah yang mengalirkan sekresinya ke rongga hidung. Rongga tersebut dapat terkena infeksi yang menyebabkan adanya radang dan infeksi di rongga sinus sehingga aliran sekresinya menjadi lemah. Hal itu menyebabkan penyumbatan dan peningkatan jumlah ingus, melengkungnya dinding hidung, alergi, peradangan kronis pada hidung, bahkan gangguan pada gigi.

Gejala sinus sakit kepala, atau sakit kepala sinus berhubungan dengan nyeri yang dalam dan konstan ditulang pipi, dahi, atau juga jembatan hidung. Rasa sakit biasanya mengintensifkan dengan gerakan kepala tiba-tiba atau tegang. Rasa sakit tersebut biasanya disertai dengan gejala sinus lainnya. Seperti discharge hidung, rasa penuh ditelinga, demam dan juga pembengkakan wajah.

Kasus sinusitis sebagian besar dimulai dari rongga besar yang berisi udara yang mengelilingi rongga-rongga tempat mengalirnya cairan di hidung. Orang yang menderita sinusitis biasanya setelah terkena hay fever (alergi karena pergantian musim).

Gejala infeksi sinus dan peradangannya, antara lain tersumbatnya hidung dengan cairan kuning atau kehijauan yang terkadang mengandung darah. Peradangan tersebut disertai rasa sakit dihidung, pipi, dan sekitar mata. Selain itu, disertai sakit kepala makin parah di pagi hari, peningkatan tekanan di dalam kepala, dan kehilangan indra penciuman yang disebabkan penyumabatan rongga sinus hidung. Dalam beberapa kasus, disertai demam, sulit tidur, batuk kering, pembengkakan wajah, tekstur cairan hidung mengental, serta mengandung nanah dan bakteri.

Penyebab Penyakit Sinusitis

Ada dua sebab utama infeksi sinus yang pertama adalah , sering konsumsi makanan berlemak yang berlebiha, dan yang kedua adalah  infeksi yang menyerang rongga hidung, baik infeksi langsung maupun infeksi pada bagian tubuh lain yang dekat dengannya dan telah terinfeksi, seperti gigi, telinga, atau saluran pernapasan bagian atas. Sinusitis dapat dicegah dengan mengobati infeksi terlebih dahulu, menghindari iritasi hidung dan mempertahankan aliran lendir (ingus) dengan menggunakan larutan garam (NaCI).

Pengobatan Penyakit Sinusitis

Obat-obatan Apotek

Pengobatan jenis ini menggunakan antibiotik dan anti penyumbatan hidung yang terbuka selaput lendir dan membantu sekresi sinus. Selain itu, pengobatannya menggunakan antihistamin, ekspektoran, dan turunan cortisone untuk  meredakan pembengkakan membran.

Pengobatan Penyakit Sinusitis

Bawang Putih dan Bawang Merah

Dua herbal tersebut bekerja sebagai antibakteri dalam sekup yang luas. Anda dapat mengonsumsi bawang putih langsung dam membuat sup sayuran dengan memperbanyak bawang putih yang telah dicincang bersama irisan bawang merah. Selain itu, dapat juga ditambah jahe pada sup tersebut.

Goldenseal

Goldenseal merupakan antibiotik yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ia mengandung dua komponen aktif yaitu, bberberine dan hydrastine. Goldenseal dianggap ramuan herbal paling kuat untuk kasur-kasus infeksi jamur, terutama sinusitis kronis.

Echincea

Echinacea berperan aktif memberi stimulasi pada kekebalan tubuh yang mempercepat proses pembasmian infeksi jamur, bakteri, dan virus. Echinacea digunakan dalam semua jenis infeksi dan peradangan.

Ginkgo

Ginkgo direkomendasikan dalam semua kasus infeksi pernapasan karena membantu melancarkan aliran darah. Ia membantu daya tahan tubuh terhadap penyakit. Zat aktif dalam herbal tersebut adalah zat ginkgolides yang dijual dalam bentuk ekstrak herbal dan ginkgo sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit sinusitis.

Oregano

Oregano mengandung zat antinanah yang melimpah. Cocok untuk dibuat teh panas dan dihirup ketika dikonsumsi. Ia dapat digunakan sebagai pembasuh hidung atau ditambahkan pada obat tetes apapun (untuk hidung) atau makanan. Dampaknya akan lebih terasa ketika dikonsumsi.

Eukaliptus

Minyak eukaliptus yang menyenangkan dapat dioleskan di kening dan sisi kepala. Selain itu, dapat dimasukkan beberapa tetes pada air sebagai pembasuh, tetapi tidak boleh digunakan sebagai obat oral. Beberapa daun eukaliptus dapat dijus dan dibuat kompres, lalu diletakkan di depan lubang hidung.

Minyak biji Adas (Anise) dan Biji Adas

Biji adas adalah tumbuhan alami yang dianggap memiliki banyak manfaat selain itu minyak biji adas juga dapat digunakan untuk mengobati sinus, caranya Hirup konsentrat tinggi dari minyak tersebut lebih dari sekali dalam beberapa jam di siang hari dan sebelum tidur.

Banyak orang yang mengatakan bahwa efek samping yang berhubungan dengan penggunaan biji adas sangatlah sedkit atau bahkan tidak ada. Namun pada kondisi tertentu biji adas memberikan efek sebaliknya.
Pengobatah herbal penyakit  sinusitis diatas kemungkinan besar dapat membantu anda untuk mengobati penyakit sinusitis yang tidak memberikan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. dan semoga dengan postingan artikel ini akan sangat membantu kalian.

0 Response to "Pengobatan Penyakit Sinusitis"

Posting Komentar